Prediksi Tingkat Kepuasan Pasien Fisioterapi Menggunakan Algoritma Naive Bayes
Kata Kunci:
Naive Bayes, Fisioterapi, Kepuasan Pasien, Data Mining, KlasifikasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan memprediksi tingkat kepuasan pasien fisioterapi dengan memanfaatkan algoritma Naïve Bayes. Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan, dan prediksi ini didasarkan pada data pasien seperti usia, jenis kelamin, durasi sesi terapi, serta tingkat keahlian terapis. Da-taset yang digunakan terdiri dari 31 entri dan dianalisis menggunakan perangkat lunak RapidMiner. Proses klas-ifikasi dilakukan melalui model Naive Bayes, yang dikenal efektif dan efisien dalam pengolahan data berskala kecil maupun besar. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model memiliki akurasi hingga 90% dengan performa prediksi yang seimbang antara kategori puas dan tidak puas. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan ber-basis data mining dapat menjadi alat bantu dalam meningkatkan mutu layanan fisioterapi secara berkelanjutan.
Referensi
Ayatullah, A. H., Kriswantoro, M. C., Zakka, M. S., & Al’Insani, A. R. (2024). ANALISIS SENTIMEN PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN MENGGUNAKAN TF-IDF DAN NAIVE BAYES. Jurnal Informatika Medis (J-INFORMED), 2(1), 27–32. Retrieved from https://doi.org/10.52060/im.v2i1.2198
Darwis, D., Siskawati, N., & Abidin, Z. (. (n.d.). Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Analisis Sentimen Review Data Twitter BMKG Nasional. 15(1).
Derajad Wijaya, H., & Dwiasnati, S. (2020). Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes pada Penjualan Obat. JURNAL INFORMATIKA, 7(1). Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji
Dewi, C., Chrishariyani, A. A., Rahman, Y., & Aini, Q. (2021, Juli 6). Kepuasan Pengguna Layanan Shopee Food Menggunakan Algoritma Naive Bayes. Retrieved from https://doi.org/10.21456/vol12iss2pp99-106
Dzulkarnain, T., Ratnawati, D. E., & Rahayudi, B. (2024). Penggunaan Metode Naïve Bayes Classifier pada Analisis Sentimen Penilaian Masyarakat Terhadap Pelayanan Rumah Sakit di Malang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 11(5), 993–1000. Retrieved from https://doi.org/10.25126/jtiik.2024117979
Fauziah, N., Lubis, M. R., Damanik, B. E., & Artikel, G. (2022). Penerapan Data Mining Klasifikasi C4.5 Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan RSUD Tuan Rondahaim Simalungun. JOMLAI: Journal of Machine Learning and Artificial Intelligence, 1(4), 2828–9099. Retrieved from https://doi.org/10.55123/jomlai.v1i4.1678
Felicia Watratan, A., Puspita, A. B., Moeis, D., Informasi, S., & Profesional Makassar, S. (2020). Ayatullah, A. H., Kriswantoro, M. C., Zakka, M. S. Y., & Al’Insani, A. R. (2024). ANALISIS SENTIMEN PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN MENGGUNAKAN TF-IDF DAN NAIVE BAYES. Jurnal Informatika Medis (J-INFORMED), 2(1),. JOURNAL OF APPLIED COMPUTER SCIENCE AND TECHNOLOGY (JACOST), Vol. 1, Issue 1. Retrieved from http://journal.isas.or.id/index.php/JACOST
Hasugian, A. H., Rusydi2, I., & Ramadhani, M. (2023). Penerapan Algoritma Naive Bayes Classifier Untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pasien. 481–490. Retrieved from https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/index
S, S., W, S. R., & S, S. (n.d.). Penerapan Algoritma Naive Bayes untuk Klasifikasi Prediksi Penerimaan Siswa Baru. In Journal of Machine Learning and Data Analytics (MALDA), 1(1).
Sanjaya, W. (2023). Analisis kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Limusnunggal Kota Sukabumi. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 14(02), 215–225. Retrieved from https://doi.org/10.34305/jikbh.v14i02.906
Sitepu, M., & Kosasih, K. (2024). Analisis Loyalitas Pasien dan Kepuasan Pasien: Pendekatan Kajian Literatur dengan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Inovatif, 4(4), 2047–2058.
Susana, H., & Suarna, N. (2022). PENERAPAN MODEL KLASIFIKASI METODE NAIVE BAYES TERHADAP PENGGUNAAN AKSES INTERNET. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi, 4(1), 1–8.
Unduhan
Diterbitkan
Pernyataan Ketersediaan Data
Dataset yang digunakan dalam penelitian ini tersedia secara publik di Kaggle dan dapat diakses melalui: https://www.kaggle.com/datasets/nurulaazizah/tingkat-kepuasanpasienterhadappelayananfisioterapi
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kaila Nazuwa Kaila (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).