Penerapan Metode Clustering K-Means Menggunakan RapidMiner untuk Klasifikasi Prestasi Siswa di Sekolah Swasta

Penulis

  • Eko Andri Wibowo Universitas Pamulang Penulis
  • Ririn Aryanti Universitas Pamulang Penulis

Kata Kunci:

K-Means Clustering, RapidMiner, prestasi akademik, pengelompokan siswa, strategi pendidikan

Abstrak

Penelitian ini membahas penerapan algoritma K-Means Clustering dalam mengelompokkan tingkat prestasi akademik siswa di sekolah swasta dengan bantuan perangkat lunak RapidMiner. Data yang dianalisis mencakup nilai tugas, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan kehadiran. Algoritma K-Means dipilih karena kemampuannya mengelompokkan data numerik tanpa label serta mengenali pola tersembunyi dalam dataset. Analisis dilakukan terhadap data dari 5.000 siswa yang diperoleh melalui platform Kaggle. Hasil klasterisasi menghasilkan dua kelompok utama, yaitu siswa dengan prestasi akademik tinggi dan siswa dengan capaian yang lebih rendah. Proses ini memungkinkan pihak sekolah memahami karakteristik tiap kelompok siswa dan menyusun strategi pembinaan serta kebijakan pendidikan yang lebih efektif. Penggunaan RapidMiner terbukti membantu proses analisis data secara efisien dan intuitif, tanpa perlu keahlian pemrograman lanjutan.

Referensi

Ardiansyah, M., Nugroho, D., & Putri, A. (2021). Analisis Clustering untuk Pengelompokan Data Akademik Siswa Menggunakan K‑Means. Jurnal Teknologi dan Informatika, 12(2), 75–82.

Handayani, R., Widodo, A., & Suryani, N. (2021). Klasifikasi Prestasi Belajar Siswa Menggunakan Metode Data Mining. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 14(1), 50–56.

Kaggle. (2023). Students Grading Dataset. Retrieved from https://www.kaggle.com/students-grading-dataset

Putra, Y. D., & Lestari, M. (2021). Penerapan Data Mining dalam Dunia Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 10(3), 98–105.

Rahmawati, D., & Yuliana, R. (2021). Pengelompokan Prestasi Akademik Siswa Menggunakan Metode Clustering. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 13(2), 62–69.

Sari, D., & Pratama, A. (2020). Penerapan Algoritma K‑Means Clustering untuk Pengelompokan Nilai Akademik Siswa. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 6(1), 34–40.

Wulandari, F., & Nugroho, D. (2020). Pemanfaatan RapidMiner dalam Analisis Data Akademik Siswa. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 8(2), 22–30.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Eko Andri Wibowo, & Ririn Aryanti. (2025). Penerapan Metode Clustering K-Means Menggunakan RapidMiner untuk Klasifikasi Prestasi Siswa di Sekolah Swasta. Journal of Information Technology and Informatics Engineering, 1(1), 20-24. https://journal.jci.co.id/jitie/article/view/35