Design Grafis di Era Digital : Pengenalan dan Pemanfaatan

Penulis

Kata Kunci:

Desain Grafis, Literasi Visual, Pelatihan Digital, Canva, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Dengan berkembangnya teknologi digital, cara masyarakat berinteraksi, bekerja, dan berkarya telah berubah.  Karena kemampuan untuk menyampaikan pesan secara visual dengan efektif, desain grafis adalah salah satu keterampilan penting dalam era digital. Sayangnya, tidak semua kelompok masyarakat memahami atau memiliki akses ke keterampilan ini.  Tujuan dari acara pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan dasar-dasar desain grafis dan cara menggunakannya di era digital kepada masyarakat umum, terutama anak-anak muda di Taman Baca Perigi, Depok.  Pendekatan pelatihan langsung (hands-on), interaktif, dan partisipatif digunakan untuk melaksanakan kegiatan pada tanggal 4 Mei 2025. Beberapa materi yang diajarkan termasuk konsep dan dasar desain, pengenalan alat desain berbasis web seperti Canva, dan sesi praktik desain konten sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta lebih memahami konsep desain grafis dan lebih mampu menggunakan aplikasi desain sendiri. Selain itu, peserta menyadari betapa pentingnya desain untuk mendukung pendidikan, kampanye, dan komunikasi digital.  Pelatihan ini juga mendorong minat peserta dalam dunia desain visual. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan meningkatkan literasi visual masyarakat dan memberikan kesempatan kepada desainer untuk memanfaatkan kemampuan mereka untuk menghadapi tantangan digital di masa depan.

Referensi

Aditya, R., & Susanto, H. (2022). Pemanfaatan Desain Grafis dalam Meningkatkan Daya Tarik Konten Digital pada Media Sosial. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(2), 45–53.

Amelia, L., & Hidayat, A. (2023). Analisis Penerapan Prinsip Desain Grafis pada Konten Edukatif di Instagram. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nusantara, 6(1), 30–38.

Ananda, Y., & Rahmawati, S. (2021). Pengaruh Literasi Visual terhadap Kreativitas Siswa dalam Mendesain Poster Digital. Jurnal Pendidikan Seni dan Desain, 10(1), 67–75.

Arifin, B., & Gunawan, R. (2022). Implementasi Canva sebagai Media Pembelajaran Desain Grafis di Sekolah Menengah. Jurnal Edukasi Teknologi Informasi, 7(3), 92–101.

Azizah, N., & Prasetyo, R. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa melalui Pelatihan Desain Grafis Berbasis Proyek Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cendekia, 3(2), 112–120.

Darmawan, D., & Putri, I. (2021). Strategi Komunikasi Visual pada Media Sosial Melalui Desain Grafis Interaktif. Jurnal Ilmu Komunikasi Digital, 4(2), 77–84.

Fauzan, M., & Lestari, R. (2022). Efektivitas Media Canva dalam Pembelajaran Daring Desain Komunikasi Visual. Jurnal Pendidikan Multimedia, 9(1), 25–33.

Handayani, T., & Mulyadi, D. (2023). Peningkatan Literasi Digital melalui Kegiatan Pelatihan Desain Grafis di Komunitas Literasi. Jurnal Abdi Masyarakat Informatika, 5(1), 43–50.

Hapsari, N., & Yulianto, T. (2021). Tren Desain Grafis dalam Komunikasi Visual Digital pada Era Pandemi. Jurnal Riset Komunikasi dan Media, 6(2), 56–63.

Iskandar, A., & Dewi, K. (2022). Pemanfaatan Desain Grafis untuk Branding Produk UMKM Berbasis Digital. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi, 4(3), 66–75.

Kurniawan, T., & Safitri, E. (2023). Desain Grafis sebagai Strategi Branding Personal di Media Sosial. Jurnal Desain dan Komunikasi Visual, 8(1), 15–22.

Lestari, D., & Nugroho, A. (2021). Model Pelatihan Desain Grafis untuk Pemula Menggunakan Canva di Komunitas Belajar. Jurnal Pengabdian Literasi Digital, 2(2), 87–95.

Maulida, H., & Pratama, Y. (2022). Integrasi Teknologi dan Desain Grafis dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 34–41.

Nugraha, R., & Wulandari, M. (2023). Penerapan Desain Grafis Minimalis untuk Meningkatkan Efektivitas Komunikasi Visual. Jurnal Estetika Desain, 9(2), 58–66.

Putri, S., & Hamdani, R. (2021). Canva sebagai Solusi Alternatif Pengajaran Desain Grafis di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 21–29.

Rachman, A., & Yunita, R. (2022). Membangun Literasi Visual Remaja Melalui Program Pelatihan Desain Grafis Berbasis Komunitas. Jurnal Komunitas Kreatif, 7(3), 104–112.

Sari, M., & Darma, F. (2023). Desain Grafis dan Transformasi Digital dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran Digital, 5(1), 48–55.

Siregar, F., & Sembiring, E. (2021). Efektivitas Penggunaan Canva dalam Proyek Pengabdian Masyarakat di Wilayah Perkotaan. Jurnal Pengabdian Informatika dan Teknologi, 2(2), 73–80.

Wardana, B., & Saputra, L. (2022). Komunikasi Visual di Era Digital: Tantangan dan Inovasi dalam Desain Grafis Kontemporer. Jurnal Ilmu Desain dan Teknologi Visual, 5(2), 61–69.

Yuliana, T., & Hidayat, F. (2023). Analisis Kebutuhan Literasi Desain pada Generasi Z di Lingkungan Komunitas Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Digital, 4(1), 11–19.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Siregar, A. H., Zimazanya, B., Alicia, Nurjanah, S., & Sandehang, R. M. E. (2025). Design Grafis di Era Digital : Pengenalan dan Pemanfaatan. Jurnal Sinegri Pengabdian Masyarakat, 1(1), 55-61. https://journal.jci.co.id/jspm/article/view/155