Pemanfaatan Penggunaan Sosial Media Dengan Bijak Dalam Teknologi Informasi Di Era Digital Di SMK Media Informatika
Kata Kunci:
Literasi Digital, Media Sosial, Etika Digital, Pelajar, Keamanan AkunAbstrak
Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan literasi digital dan kesadaran etika media sosial siswa SMK Media Informatika, Kota Jakarta Selatan. Pelajar adalah kelompok usia yang sangat aktif menggunakan media sosial seperti Instagram, TikTok, dan WhatsApp, tetapi mereka belum sepenuhnya memahami risiko dan tanggung jawab yang terkait dengan penggunaannya. Kursus ini membahas etika digital, jejak digital, pengamanan akun, dan bahaya hoaks dan konten negatif. Ceramah interaktif, simulasi media sosial, diskusi kelompok, dan praktik langsung menjaga akun media sosial adalah beberapa teknik yang digunakan. Untuk menilai peningkatan pemahaman peserta, pre-test dan post-test sederhana digunakan selama evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta lebih menyadari pentingnya menjaga akun pribadi dan etika digital. Selain itu, beberapa siswa berusaha menjadi duta literasi digital di sekolah sebagai bagian dari keberlanjutan program. Diharapkan bahwa kegiatan ini akan membentuk kebiasaan digital yang positif. Ini juga akan mendorong sekolah untuk memasukkan literasi digital ke dalam pembelajaran formal dan bimbingan konseling.
Referensi
Ahmad, T., & Anjani, S. (2023). Penerapan Literasi Digital di Sekolah Melalui Program Duta Sosial Media. Jurnal Pengabdian Digitalisasi Sekolah, 1(1), 12–20.
Aisyah, S., & Syafrialdi. (2021). Literasi Digital di Kalangan Remaja dan Pengaruhnya terhadap Etika Bermedia Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(2), 123–134.
Azizah, R. (2023). Remaja dan Jejak Digital: Antara Kesadaran dan Risiko. Jurnal Media Sosial dan Masyarakat, 4(2), 88–97.
Damar, A. H. (2022). Perilaku Bermedia Sosial Pelajar dan Pengaruhnya terhadap Reputasi Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan Remaja, 2(2), 70–80.
Fitriyani, D. (2021). Literasi Digital dan Pencegahan Hoaks di Kalangan Pelajar. Jurnal Komunikasi, 15(1), 1–9.
Hidayati, N., & Putra, H. (2022). Etika Digital dalam Penggunaan Media Sosial oleh Pelajar SMA. Jurnal Kajian Teknologi dan Pendidikan, 4(2), 99–108.
Indonesia Baik. (2023). Tips Bijak Bermedia Sosial. https://indonesiabaik.id
Kementerian Kominfo. (2023). Kurikulum Literasi Digital Nasional. Jakarta: Dirjen Aptika.
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2021). Panduan Literasi Digital untuk Pelajar. Jakarta: Kominfo.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Media Digital di Sekolah Menengah. Jakarta: Kemendikbudristek.
Kominfo & Siberkreasi. (2022). Modul Literasi Digital untuk Siswa SMA/SMK. https://siberkreasi.id
Lestari, A. D., & Wibowo, R. (2022). Membangun Kesadaran Etika Berinternet Melalui Bimbingan Konseling Digital di Sekolah. Jurnal Konseling Edukasi, 5(2), 40–50.
Nasution, A. (2021). Membangun Kesadaran Jejak Digital di Kalangan Pelajar. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, 9(1), 55–63.
Rahmawati, L. (2021). Strategi Menanggulangi Cyberbullying pada Remaja Melalui Literasi Digital. Jurnal Psikologi Remaja, 8(2), 55–64.
Saputra, F. A., & Yuliana, R. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi Remaja. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 10–18.
Sari, D. A. (2021). Pengaruh Paparan Konten Negatif di Media Sosial terhadap Perilaku Siswa SMA. Jurnal Komunikasi Remaja Digital, 3(1), 27–35.
Setiawan, B., & Lestari, M. (2023). Peran Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Digital Pelajar. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 6(1), 34–42.
Siberkreasi. (2023). Etika Digital: Panduan untuk Remaja dalam Menggunakan Media Sosial. https://literasidigital.id
UNESCO. (2021). Global Standards for Media and Information Literacy Curricula. Paris: UNESCO Publishing.
Wardhani, T. P. (2022). Dampak Negatif Media Sosial dan Strategi Pencegahan di Kalangan Remaja. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 20(1), 67–78.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Chairul Anwar, Ardijan Handijono, Abdurrahman Harits (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License: Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).