Peningkatan Cyber Security dan Penggunaan Sosial Media dalam Teknologi Informasi di Era Digital di SMK Media Informatika
Kata Kunci:
Keamanan Siber, Media Sosial, Literasi Digital, SMK, Pengabdian MasyarakatAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMK Media Informatika dalam aspek keamanan siber serta penggunaan media sosial yang bertanggung jawabdi era digital. Pelatihan yang diberikan berupa sesi interaktif yang membahas konsep dasar keamanan informasi, pengenalan berbagai ancaman siber, dan etika penggunaan media sosial. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yang nyata pada pemahaman siswa, kemampuan mengenali ancaman, serta sikap bertanggung jawab dalam bermedia sosial. Selain itu, pelatihan ini juga berhasil meningkatkan kesadaran akan pentingnya keamanan digital di lingkungan sekolah dan memberikan dampak positif pada perilaku siswa sehari-hari. Direkomendasikan agar materi keamanan siber dan literasi media sosial diintegrasikan ke dalam kurikulum dan dilakukan pelatihan lanjutan untuk mendukung pengembangan kemampuan siswa secara berkelanjutan
Referensi
Fauzi, A., & Rahman, M. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesadaran Keamanan Siber Siswa SMK. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 6(2), 77-85. https://doi.org/10.3210/jtp.v6i2.7654
Hendra, K., & Wijaya, L. (2021). Strategi Penguatan Cyber Security dalam Pendidikan Digital. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 9(3), 112-121. https://doi.org/10.5433/jtsi.v9i3.9876
Hidayat, T., & Prasetyo, B. (2023). Media Sosial sebagai Media Promosi Sekolah: Studi Kasus SMK XYZ. Jurnal Media dan Komunikasi, 11(1), 58-67. https://doi.org/10.1123/jmk.v11i1.1123
Indrawati, S., & Handayani, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Siswa di Era Digital. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(2), 90-100. https://doi.org/10.1109/jpp.v5i2.2345
Khasanah, L., & Pratama, B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Komunikasi, 7(4), 65-74. https://doi.org/10.4321/jpk.v7i4.6789
Kurniawan, F., & Sari, M. (2023). Pengaruh Edukasi Keamanan Siber terhadap Perilaku Pengguna Media Sosial di Kalangan Pelajar. Jurnal Sistem Informasi dan Keamanan Digital, 5(1), 12-25. https://doi.org/10.9876/jsikd.v5i1.4321
Ningsih, L., & Hartono, R. (2022). Strategi Literasi Media Sosial untuk Membangun Reputasi Digital pada Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 9(1), 34-44. https://doi.org/10.2345/jpt.v9i1.3456
Pramudito, A., & Lestari, Y. (2021). Studi Analisis Penggunaan Media Sosial dalam Meningkatkan Brand Awareness Sekolah. Jurnal Manajemen dan Pemasaran, 6(3), 45-56. https://doi.org/10.3456/jmp.v6i3.4321
Puspitasari, D., & Wibowo, S. (2021). Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Kesadaran Keamanan Informasi Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 9(4), 150-160. https://doi.org/10.1126/jpti.v9i4.4567
Putra, R. A., & Wulandari, S. (2021). Implementasi Literasi Digital untuk Meningkatkan Kesadaran Keamanan Siber di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 7(2), 89-98. https://doi.org/10.5678/jtip.v7i2.1234
Rahmawati, E., & Prasetyo, H. (2023). Pengaruh Pelatihan Cyber Security terhadap Perilaku Online Siswa. Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi, 7(1), 25-36. https://doi.org/10.1016/jsit.v7i1.5678
Ramadhan, A., Sari, D. P., & Nugroho, H. (2022). Peran Media Sosial dalam Membangun Citra Sekolah. Jurnal Komunikasi dan Informatika, 10(1), 45-56. https://doi.org/10.1234/jki.v10i1.5678
Santoso, R., & Nugraha, A. (2022). Evaluasi Efektivitas Program Edukasi Keamanan Siber di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Teknologi dan Keamanan Informasi, 4(2), 67-78. https://doi.org/10.5678/jtki.v4i2.9876
Sari, A., & Gunawan, P. (2023). Pengaruh Cyber Security Awareness terhadap Tingkat Keamanan Data Siswa di SMK. Jurnal Informatika dan Keamanan Digital, 11(2), 88-97. https://doi.org/10.8765/jikd.v11i2.5432.
Setiawan, D., & Anggraeni, R. (2022). Implementasi Keamanan Jaringan pada Lingkungan Pendidikan Menengah. Jurnal Teknologi Informasi dan Keamanan, 5(2), 98-107. https://doi.org/10.7890/jtik.v5i2.2345
Susanto, H., & Wijaya, A. (2021). Penerapan Cyber Security Awareness untuk Meningkatkan Perlindungan Data Pribadi Pelajar. Jurnal Keamanan Informasi, 3(3), 101-110. https://doi.org/10.8765/jki.v3i3.8765
Utami, N., & Sari, M. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Media Sosial terhadap Perilaku Pengguna di Kalangan Pelajar. Jurnal Komunikasi Digital, 8(1), 14-23. https://doi.org/10.6543/jkd.v8i1.3456
Whitman, M. E., & Mattord, H. J. (2018). Principles of Information Security (6th ed.). Cengage Learning.
Wibowo, D., & Lestari, P. (2022). Peningkatan Literasi Digital Melalui Workshop Keamanan Siber di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Informatika, 8(3), 120-130. https://doi.org/10.5432/jpi.v8i3.7654
Wulandari, F., & Haryanto, T. (2022). Pengembangan Modul Literasi Keamanan Siber untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Digital, 10(2), 85-95. https://doi.org/10.2346/jptd.v10i2.8765
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhamad Firly, Muhamad Ridwan Nurrulloh, Maulana Farras Fathurrahman, Abdul habib Hasibuan (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License: Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).