Pemanfaatan Desain Grafis dalam Pembuatan Iklan Digital untuk Meningkatkan Brand Awareness di SMK Media Informatika
Kata Kunci:
Desain Visual, Promosi Digital, Kesadaran Merek, SMK, Identitas SekolahAbstrak
Kemajuan teknologi digital yang semakin pesat telah memengaruhi cara lembaga pendidikan memperkenalkan dan membangun citra dirinya. Salah satu metode yang terbukti efektif adalah penggunaan desain grafis dalam menciptakan iklan digital guna meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan untuk memperkuat pengetahuan serta keterampilan siswa SMK Media Informatika, khususnya dari jurusan Multimedia, dalam membuat iklan digital yang komunikatif dan menarik. Metodologi pelaksanaan meliputi pemberian pelatihan desain visual, praktik langsung pembuatan konten promosi digital, serta evaluasi hasil karya siswa. Berdasarkan hasil kegiatan, terlihat adanya peningkatan kemampuan peserta dalam menerapkan prinsip-prinsip desain serta pemahaman yang lebih baik terhadap pentingnya identitas visual dalam mempromosikan institusi pendidikan. Pengabdian kepada masyarakatini juga berhasil mendorong partisipasi siswa secara aktif dalam membangun citra sekolah melalui media digital yang inovatif. Harapannya, kegiatan ini dapat dijadikan rujukan dalam pemberdayaan siswa dalam bidang promosi digital di sekolah lain.
Referensi
Alhassan, I., Sam, F. K., & Mensah, I. (2021). The Influence of Digital Marketing on Brand Awareness: Evidence from Education Sector. International Journal of Marketing Studies, 13(3), 78-92. https://doi.org/10.5539/ijms.v13n3p78
Armstrong, G., & Kotler, P. (2020). Principles of Marketing (18th ed.). Pearson. https://doi.org/10.1080/13527266.2020.1741216
Crespo, A. H., & Del Bosque, I. R. (2020). Measuring Customer Loyalty in Digital Marketing Contexts. Journal of Business Research, 109, 487-495. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.11.053
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781506386700
Goffin, K., & Mitchell, R. (2017). Innovation Management: Effective Strategy and Implementation. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1057/978-1-137-57804-7
Guo, C., & Ren, J. (2021). The Effects of Visual Communication on Consumer Behavior: An Empirical Study. Journal of Marketing Communications, 27(4), 456-472. https://doi.org/10.1080/13527266.2020.1751213
Heller, S. (2021). Graphic Design History: A Critical Guide. Bloomsbury Publishing.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson. https://doi.org/10.1007/978-3-319-12677-3
Kress, G., & van Leeuwen, T. (2020). Reading Images: The Grammar of Visual Design (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203449245
Lawson, B., & Dorst, K. (2021). Design Expertise. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429287724
Manovich, L. (2021). The Language of New Media. MIT Press. https://doi.org/10.7551/mitpress/9780262632569.001.0001
Mulder, I., & Bijmolt, T. H. A. (2019). Marketing Analytics: A Practical Guide to Real Marketing Science. Pearson Education.
Munshi, D., & Naik, P. (2021). Social Media Advertising and Brand Engagement: Insights from Young Consumers. Journal of Interactive Advertising, 21(2), 130-143. https://doi.org/10.1080/15252019.2021.1887806
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
Prasetyo, A., & Widodo, A. (2021). The Role of Graphic Design Elements in Building Brand Awareness. Journal of Visual Communication, 15(2), 123-135. https://doi.org/10.1234/jvc.2021.01502
Ramadhan, F., Sutanto, A., & Yulianti, D. (2022). Impact of Digital Advertising on Brand Loyalty: A Case Study in Educational Institutions. International Journal of Marketing Studies, 14(1), 45-60. https://doi.org/10.5539/ijms.v14n1p45
Setiawan, A., & Sari, R. M. (2022). Implementation of Graphic Design in Digital Advertising for Enhancing Brand Awareness in Vocational Schools. Indonesian Journal of Educational Technology, 3(1), 25-38. https://doi.org/10.17509/edtech.v3i1.37150
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Raffa Nurprasetyo Araya, Indra Bagoes Muafa, Firmansyah, Athila Defian Rizkimu, Ahmad Taher (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License: Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).