Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi FIGMA Untuk Siswa SMK YADIKA 5 Dalam Meningkatkan Keterampilan UI/UX

Penulis

Abstrak

Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam desain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna (UI/UX), kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan tema "Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Figma untuk Siswa SMK Yadika 5 dalam Meningkatkan Keterampilan UI/UX" dilaksanakan.  Karena fakta bahwa figama adalah alat desain berbasis cloud yang populer dan mudah digunakan oleh siswa, figama dipilih sebagai platform utama.  Pelatihan ini dirancang menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif. Metode ini mencakup demonstrasi langsung, praktik mandiri, sesi tanya jawab, studi kasus, pemaparan materi, dan evaluasi sebelum dan sesudah kegiatan.  Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa lebih memahami konsep dasar UI/UX, lebih baik dalam membuat wireframe, dan lebih baik dalam membuat prototipe interaktif menggunakan Figma.  Sebagian besar peserta menyatakan bahwa pelatihan ini sangat membantu mereka memahami pentingnya desain digital yang berorientasi pada pengguna.  Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis siswa, tetapi juga menumbuhkan minat mereka pada dunia desain digital dan membuka mata mereka pada karir di teknologi kreatif.  Diharapkan pelatihan ini akan membantu siswa menjadi kompetitif dalam keterampilan digital di era industri 4.0.  Ini adalah contoh nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam hal pengabdian kepada masyarakat dalam pendidikan vokasi.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-30

Cara Mengutip

Sosialisasi Dan Pelatihan Aplikasi FIGMA Untuk Siswa SMK YADIKA 5 Dalam Meningkatkan Keterampilan UI/UX. (2025). Jurnal Sinegri Pengabdian Masyarakat, 1(1), 60-65. https://journal.jci.co.id/jspm/article/view/156