Pemanfaatan Teknologi AI untuk Inovasi dan Efisiensi di Era Digital dengan Memperhatikan Kelebihan, Kekurangan, dan Dampaknya bagi Siswa/i SMP Sebelas Maret
Kata Kunci:
Kecerdasan Buatan, Inovasi Dalam Pendidikan, Efisiensi Digital, Siswa SMP, Pengaruh TeknologiAbstrak
Teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka banyak pintu di dunia pendidikan, terutama untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi dalam proses belajar-mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana teknologi kecerdasan buatan digunakan oleh siswa/i SMP Sebelas Maret. Penelitian akan mengeksplorasi manfaat, kelemahan, dan efek yang dihasilkan. Chatbot edukatif, aplikasi pembelajaran adaptif, dan alat bantu penilaian otomatis adalah semua contoh AI yang digunakan untuk membantu guru dan memenuhi kebutuhan pembelajaran khusus siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keunggulan utama penggunaan AI terletak pada kemampuan untuk menyajikan materi yang dapat disesuaikan dan interaktif, meningkatkan keinginan untuk belajar, dan meningkatkan efisiensi waktu dalam manajemen pembelajaran. Namun demikian, terdapat beberapa kelemahan, seperti ketergantungan pada teknologi, kurangnya pemahaman siswa tentang etika digital, dan potensi pengurangan interaksi sosial. Siswa SMP Sebelas Maret mengalami dampak yang signifikan, dengan peningkatan hasil belajar dan perubahan ke arah belajar yang lebih mandiri. Untuk memastikan bahwa penggunaan AI tidak menimbulkan masalah atau efek buruk dalam jangka panjang, diperlukan pendampingan dan literasi digital yang memadai. Kesimpulannya, AI memiliki potensi besar untuk menjadi alat yang efektif untuk mendukung transformasi pendidikan di era digital. Namun, itu harus digunakan dengan hati-hati, adaptif, dan kontekstual untuk memenuhi kesiapan lingkungan pendidikan. Studi ini menemukan bahwa guru harus dilatih lebih baik dan bahwa kebijakan untuk penggunaan AI di sekolah menengah pertama harus dibuat secara terarah dan berkelanjutan.
Referensi
Ahmad, M., & Pratama, R. (2022). Artificial Intelligence in Education: Opportunities and Challenges in Indonesia’s Digital Era. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(1), 45–55.
Alimuddin, A., & Sudirman, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran Digital untuk Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Informatika Edukasi, 9(2), 78–85.
Amalia, S., & Fajar, M. (2022). Implementasi ChatGPT dalam Meningkatkan Efisiensi Belajar Siswa SMP. Jurnal Inovasi Digital Pendidikan, 6(1), 12–20.
Basuki, A., & Nugroho, H. (2023). Etika Pemanfaatan Kecerdasan Buatan di Kalangan Pelajar. Jurnal Etika Teknologi, 5(2), 33–41.
Choudhury, S., & Nayak, S. (2022). Artificial Intelligence in Schools: A Critical Review of Benefits and Limitations. International Journal of Educational Technology, 14(3), 88–96.
Dewi, K. A., & Gunawan, Y. (2021). Integrasi AI dalam Pembelajaran Berbasis TIK di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan Digital, 11(3), 101–110.
Fitriani, R., & Putra, D. (2023). Kecerdasan Buatan Sebagai Alat Bantu Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Cerdas Digital, 8(1), 67–75.
Hanum, N. S., & Maulana, R. (2021). Pemanfaatan Aplikasi AI untuk Pembelajaran Mandiri di Era Pandemi. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 13(2), 44–53.
Iskandar, A., & Hakim, L. (2022). Pemanfaatan AI dalam Dunia Pendidikan: Perspektif Guru dan Siswa. Jurnal Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 7(1), 25–32.
Izzah, N. L., & Ramadhan, F. (2023). Potensi dan Tantangan AI untuk Meningkatkan Kreativitas Pelajar Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edukasi Digital, 10(2), 88–96.
Komariah, T., & Aziz, M. (2022). AI sebagai Pendukung Literasi Digital di Kalangan Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 14(1), 55–63.
Kusuma, A., & Widodo, B. (2021). Pemanfaatan AI dalam Pembelajaran Interaktif: Studi Kasus Sekolah di Bogor. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Informasi, 5(2), 73–82.
Marlina, Y., & Hidayat, D. (2023). Implementasi Teknologi AI untuk Efisiensi Tugas Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 12(1), 49–58.
Nugraha, A. T., & Sari, D. (2021). Penerapan Kecerdasan Buatan dalam Dunia Pendidikan Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Berbasis Teknologi, 9(3), 99–107.
Putri, L. A., & Prasetyo, H. (2022). AI dalam Pendidikan: Studi Komparatif Penggunaan Grammarly dan ChatGPT. Jurnal Digital Learning, 6(2), 63–70.
Rahman, T., & Santoso, B. (2021). Peran AI dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi dan Pendidikan, 8(1), 33–40.
Ramli, S., & Yuliani, F. (2023). Pengaruh Penggunaan AI terhadap Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Digital Masa Depan, 4(1), 76–85.
Salsabila, M., & Firdaus, I. (2022). Pemanfaatan Google Lens sebagai Media Pembelajaran Visual Berbasis AI. Jurnal Teknologi Pendidikan Interaktif, 7(2), 57–64.
Syamsuddin, F., & Hartono, A. (2023). Etika Digital dan Pemanfaatan AI oleh Remaja: Studi pada Siswa SMP di Jawa Barat. Jurnal Ilmu Sosial dan Teknologi, 5(1), 88–95.
Wulandari, N., & Setiawan, A. (2022). Literasi AI: Kesiapan Siswa Menghadapi Era Teknologi Cerdas di Sekolah. Jurnal Pendidikan Inklusif Digital, 3(2), 42–51.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Kaila Nazuwa, Adis Tiani, Helmayana, Intan Pramesta Nurhayati, Yuriana Sari Harahap (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License: Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0).