Implementasi Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Menggunakan NodeJS, React, dan MySQL: Studi Kasus Pengembangan CRM-App

Penulis

Kata Kunci:

CRM, Web Application, ReactJS, MySQL, Agile

Abstrak

Sistem Customer Relationship Management (CRM) merupakan platform digital yang dirancang untuk memperkuat loyalitas dan keterlibatan pelanggan melalui pencatatan serta pemantauan interaksi secara sistematis. Penelitian ini mencakup perancangan dan implementasi aplikasi CRM berbasis web, yang dikembangkan menggunakan ReactJS untuk antarmuka pengguna, NodeJS untuk logika sisi server, dan MySQL sebagai basis data. Metodologi Agile digunakan untuk mendukung pengembangan yang cepat, iteratif, dan fleksibel terhadap perubahan kebutuhan. Pengujian dilakukan menggunakan metode black-box terhadap 10 fitur utama sistem, dengan hasil menunjukkan bahwa 90% fitur berfungsi sesuai harapan, sementara satu fitur mengalami kegagalan saat proses pembaruan paket. Solusi CRM ini terbukti menjadi alat yang efektif bagi usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan efisiensi pengelolaan pelanggan.

Referensi

Abimanyu, J. N., Hatta, N. S. A., & Adriana, E. (2024, September). Peran e-CRM dalam Bisnis di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi dan Bisnis (Vol. 4, pp. 78-90).

Anwar, C. (2022). Application of Academic Information System With Extreme Programming Method (Case Study: Jakarta International Polytechnic).

Anwar, C. (2024). Rekomendasi Teknis Untuk Pengolahan Data Berbasis Web. Jurnal Informatika Utama, 2(1), 50-54.

Anwar, C., & Riyanto, J. (2019). Perancangan Sistem Informasi Human Resources Development Pada PT. Semacom Integrated. International Journal of Education, Science, Technology, and Engineering (IJESTE), 2(1), 19-38.

Anwar, C., Jagat, L. S., Yanti, I., Anjarsari, E., & Sholihah, N. A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Anak. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(2), 154-163.

Anwar, C., Kom, S., Kom, M., Santiari, C. N. P. L., & Sitorus, Z. (2023). Buku Referensi Sistem Informasi Berbasis Kearifan Lokal.

Anwar, C., Nurhasanah, M., Aflaha, D. S. I., & Handayani, S. (2023). DEVELOPMENT OF INFORMATION TECHNOLOGY-BASED LEARNING MEDIA FOR EDUCATORS IN ELEMENTARY SCHOOLS. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 345-353.

Anwar, Chairul, et al. "The Application of Mobile Security Framework (MOBSF) and Mobile Application Security Testing Guide to Ensure the Security in Mobile Commerce Applications." Jurnal Sistim Informasi dan Teknologi (2023): 97-102.

Aulia, R., & Cuhenda, C. (2025). Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Untuk PT. Wahana Satu Propertindo. Jurnal Informatika dan Teknologi Pendidikan, 5(1), 67-76.

Azimi, I. A., & Rinjani, D. (2024). PENGUJIAN BLACK BOX TESTING PADA MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS WEBSITE TECHEDU. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 12(1), 43-45.

Bernardi, B., Suaidah, S., Wahyudi, A., Praptiwi, R. A., & Alita, D. (2024). Implementasi Sistem Pendaftaran Pengajuan Pinjaman Dana dan Simulasi Kredit Nasabah dengan Penerapan CRM (Customer Relationship Management) pada PT NSC Finance. Jurnal Teknik Komputer, 3(1), 48-53.

Cahyono, E., & Susanto, H. (2024). Penerapan CRM Dalam Upaya Peningkatan Loyalitas dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Teknologi Ilmu Komputer, 2(2), 120-127.

Elangga, D. A., & Wibisono, D. (2024). Perancangan Sistem Electronic Customer Relationship Management Berbasis Website Pada CV Griya Alam Mulia. Jurnal Optimasi Teknik Industri (JOTI), 6(1), 23-29.

Febrianti, T. N., & Supriyoso, P. (2024). Strategi Customer Relationship Management (CRM) Untuk Meningkatkan Customer Retention Pada PD. Putra I’S. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi), 1(7), 804-814.

Handayani, T., Silalahi, L. M., Nugroho, S. S. P., Anwar, C., Mursyidin, I. H., Sumantri, A., ... & Yulianti, B. (2025). PENGANTAR SISTEM INFORMASI: KONSEP, TEKNOLOGI, DAN IMPLEMENTASI.

Hasana, D. N., Irianto, I., & Marpaung, N. (2024). Application of CRM in Improving Sales Strategy at Second Branded Fashionable Stores Classy Range. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 13(2), 819-830.

Hermawan, A., & Ilham, M. (2024). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) bagi UMKM. Jurnal Inovasi Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 2(2), 175-185.

Hidayah, N. A., & Asnadi, N. M. (2024). Penerapan Metode Agile Dalam Manajemen Proyek: Systematic Literature Review. Jurnal Perangkat Lunak, 6(1), 43-53.

Indra, S., Anwar, C., Kom, S., Asparizal, S., Kom, M., Nur, R. A., ... & Hafrida, L. KOMPUTER DAN MASYARAKAT. CV Rey Media Grafika.

Judijanto, L., Destiana, R., Sudarmanto, E., & Vandika, A. Y. (2024). Analisis Bibliometrik Perkembangan Teknologi dan Inovasi dalam Digital Banking. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan West Science, 2(3), 315-328.

Pramono, R. A., Saputra, F. O., & Trisnapradika, G. A. (2024). IMPLEMENTASI INDEX MYSQL DAN SERVER-SIDE DATATABLES UNTUK OPTIMALISASI PEMROSESAN DATA SISTEM MBKM FIK BERBASIS CODEIGNITER 4. Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa, 20(1), 49-57.

Putri, A. N. R., Nyoman, Y. A. I., & Putu, T. H. P. (2024). Rancang Bangun dan Implementasi E-Commerce Berbasis Website Pada UD. AM Menggunakan CMS Dengan Metode Agile Development. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 69-84.

Rusmiana, R., Sihombing, V., & Munthe, I. R. (2025). Analisis Keberhasilan Implementasi Sistem CRM Berbasis Cloud di Industri Perbankan. Jurnal Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Teknologi Pendidikan, 4(2), 91-94.

Samsumar, L. D., Nasiroh, S., Farizy, S., Anwar, C., Mursyidin, I. H., Rosdiyanto, R., ... & Prastyo, D. (2025). KEAMANAN SISTEM INFORMASI: PERLINDUNGAN DATA DAN PRIVASI DI ERA DIGITAL.

Sari, I. P. (2024). Sistem Informasi Ekspedisi Barang Dengan Metode E-CRM Untuk Meningkatkan Pelayanan Pelanggan. Jurnal Sains dan Teknologi Informatika, 2(1), 24-33.

Sudarsono, E., & Vebriandi, M. Y. (2025). IMPLEMENTASI FRAMEWORK LARAVEL FILAMENT PADA SISTEM CRM UNTUK OPTIMALISASI DATA PELANGGAN DAN PROGRAM LOYALITAS POIN DI TOKO BRANDING TELEMARCO. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 7(1), 23-34.

Sutanto, Y. P., Farida, N., & Trioko, S. (2025). Integrasi Digital Marketing Dan CRM Untuk Meningkatkan Retensi Pelanggan Dalam Industri Pendidikan Daring. Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 46-53.

Tahir, G. M. (2024, August). Penerapan CRM (Customer Relationship Management) Pada Sistem Reservasi Salon N’N Berbasis Web. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK) (Vol. 6, No. 1, pp. 461-472).

Tartila, R., Purbasari, R., & Muhyi, H. A. (2024). Analisis Penerapan Customer Relationship Management (CRM) pada PT. East West Seed Indonesia dalam Mempertahankan Daya Saing. Jurnal Lentera Bisnis, 13(3), 1430-1450.

Widyastuti, Y. M., Oktiarso, T., & kartika Putrianto, N. (2024). Perencanaan dan Analisis Kebutuhan Pengguna dalam Pengembangan Sistem Informasi Hubungan Pelanggan. KURAWAL: Jurnal Teknologi, Informasi dan Industri, 7(1), 1-11.

Wijayanti, R. R., S ST, M. M. S. I., Anwar, C., Kom, S., Indra, S., Kom, M., ... & Kom, M. (2023). Arsitektur dan Organisasi Komputer. CV Rey Media Grafika.

Unduhan

Diterbitkan

30-06-2025

Cara Mengutip

Nur Aisyah, & Firhan Samudzky. (2025). Implementasi Sistem Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web Menggunakan NodeJS, React, dan MySQL: Studi Kasus Pengembangan CRM-App. Journal of Information Systems and Business Technology, 1(1), 129-134. https://journal.jci.co.id/jisbt/article/view/107